RSS

BABY WALKER ???

01 Jul

Andra, sang buah hatiku, sudah mulai belajar berdiri sejak umur 5 bulan. Sehingga aku mulai tergiur untuk menggunakan baby walker. Namun suamiku selalu melarang, dengan alasan tunggu 7 bulan. Dia khawatir tulang punggungnya belum kuat untuk menopang berat tubuhnya sendiri. Namun banyak artikel yang menuliskan bahwa baby walker itu tidak baik untuk perkembangan bayi kita, bahkan ada yangmenulis bahwa baby walker tidak aman. Salah satunya seperti di bawah ini:

Penggunaan baby walkers merupakan topik kontroversial hingga saat ini. Tapi jelas, bahwa the American Academy of Pediatrics mengatakan dalam laporan resmi mereka ‘Baby Walkers itu BERBAHAYA!’ mereka menyarankan agar anda ‘buang jauh-jauh saja baby walker anda’ berdasar fakta bahwa  Baby walkers sudah bikin 14,000 anak-anak masuk rumah sakit tiap tahun, dan 34 anak-anak sudah menemui ajalnya semenjak tahun 1973 hanya karena baby walkers. Bahkan AAP lebih jauh lagi mengimbau ‘sebuah pelarangan pembikinan dan penjualan baby walkers dengan roda ‘

Jelas sekali dari artikel di atas menunjukkan kerugian pemakaian baby walker. Namun kita sebagai seorang ibu harus lebih cermat dan teliti dalam menyikapi sesuatu terutama dengan anak kita. Dengan kata lain jika kita sudah mengetahui bahaya dari suatu alat, namun kita bisa dibilang tetap membutuhkan alat tersebut maka kita harus lebih waspada dan hati-hati dalam menggunakannya.

Untuk para ibu yang tetap ingin menggunakan baby walker untuk sang buah hati, ada beberapa tips yang dapat diterapkan. Antara lain:

  1. Jauhkan bayi yang menggunakan baby walker dari kolam renang, pinggiran tangga dan permukaan yang tidak rata.

Seperti yang dipaparkan dalam beberapa artikel bahwa bayi yang menggunakan bay walker terjatuh karena mereka bermain di sekitar tangga, atau pun disekitar kolam renang. Dan jika di cermati di Indonesia rumah yang memiliki tangga tidak banyak. Namun permukaan yang tidak rata cukuplah banyak ditemui. Seperti pembeda antara ruang tamu dan ruang depan ataupun antara ruang tengah dan kamar tidur.

  1. Singkirkan barang-barang berbahaya yang berada di atas meja ataupun tempat yang mudah dijangkau oleh bayi kita.
  2. Jangan pernah lepaskan bayi anda dari pengawasan.

Saat kita meletakkan bayi kecil kita di baby walker, jangan pernah dibiarkan sendiri atau malah lepas dari pengawasan mata kita. Ini adalah kunci aman dan utama dalam menggunakan baby walker untuk anak kita.

Sekarang Andra hampir berusia 8 bulan. Sedikit cerita dari pengalaman saya dalam menggunakan baby walker untuk Andra. Saya sering menaruh Andra di baby walker saat saya menyeterika dan Andra makan. Saya masih bisa mengawasi Andra yang bergerak kesana kesini. Kegiatan ini membuat kami berdua sama-sama untung. Saya dapat menyelesaikan pekerjaan rumah dan Andra mendapatkan variasi kegiatan Akan tetapi setelah pekerjaan saya selesai, saya pasti segera mengeluarkan Andra dari baby walker. Menemaninya bermain di lantai. Acara bermain di lantai ini akan saya ganti dengan kegiatan mentetah apabila Andra sudah cukup kuat untuk ditetah. So untuk melatih Andra cepat bisa berjalan saya tetap akan menggunakan baby walker dan teknik mentetah secara alamiah.

Nah sampai disini dulu pendapat dan pengalaman saya tentang penggunaan baby walker. Apa dan bagaimanapun teantang penelitian-penelitian yang ada, kita harus dengan cermat dan bijak menyikapinya. Jangan terlalu kaku dengan cerita dan pengalaman orang lain. Karena kita semua memiliki lingkungan yang tidak sama dengan orang lain. Baik itu lingkungan fisik ataupun non fisik. Selamat beraktivitas kembali…..

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 1, 2009 in 4661

 

One response to “BABY WALKER ???

  1. hang

    Februari 3, 2012 at 8:50 am

    hati2 posisi kaki bayi bisa berbentuk O

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: