RSS

Membangunkan Anak

12 Mei

Saat masih kecil, mungkin Anda merasa tersiksa saat ibu atau ayah membangunkan Anda di pagi hari. Kini, ketika sudah menjadi orangtua, giliran Anda yang membangunkan anak-anak Anda.

Membangunkan anak di pagi hari bisa membuat banyak orangtua merasa kesulitan, dan tak jarang juga bisa bikin frustasi. Untungnya, ada beberapa trik yang bisa mengatasi masalah ini.

Langkah 1: Kenali kebiasaan tidur si kecil
Anak yang sering sulit dibangunkan di pagi hari ada kemungkinan ia juga mengalami sulit tidur di malam harinya. Jika benar, usahakan agar si kevil tidak makan malam berlebihan, atau mengonsumsi minuman berkafein, seperti minuman bersoda, di malam hari.

Langkah 2: Pastikan si kecil tidur nyenyak
Jika si kecil tidak mengalami kesulitan tidur, mungkin ia membutuhkan waktu tidur tambahan. Mungkin anak Anda bisa bangun tidur dengan mudah jika Anda menambahkan waktu tidur sekitar 30 menit. Tapi, tiap anak berbeda. Ada beberapa anak yang bisa bangun pagi jika orangtua meminta mereka untuk tidur lebih cepat.

Langkah 3: Coba trik yang berbeda dari biasa
Beberapa anak bisa dengan mudah terbangun ketika lampu kamar dinyalakan. Tapi, sebagian anak lainnya perlu digoyangkan tubuhnya, atau mendengar bunyi jam weker baru bisa bangun. Cari tahu apa cara yang paling jitu untuk anak Anda.

Langkah 4: Siapkan sarapan
Meski aroma kopi tidak bisa membuat mata si kecil terbuka, mungkin aroma sarapan bisa jadi trik manjur. Cobalah membuatkan sarapan favoritnya, seperti nasi goreng, omelette atau roti panggang. Aroma kesukaannya itu bisa membuat si kecil cepat bangun dari tempat tidurnya.

Langkah 5: Jadikan tanggung jawab
Secara perlahan, minta si kecil untuk tidak terlalu bergantung pada Anda untuk membangunkannya. Ajarkan si dia untuk bisa mendengar jam weker, atau terbiasa bangun tidur sendiri. Jika tidak dimulai dari sekarang, kebiasaan sulit bangun pagi juga bisa dialami saat ia beranjak dewasa.(vivanews.com)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: