Diposkan pada seuntai cerita anak indonesia.........selamat datang

Ensiklopedia Negeriku “Alat Musik Tradisional” dan “Rumah Adat”

Assalamualaikum….

Hai…Apa kabar hari ini? Are you happy today? Must be happy ya…. Bunda bahagia keluargapun bahagia, Insyaallah..

Baiklah, perjumpaan hari ini Bunda Ita akan meresensi atau tepatnya memberi bocoran buku yang keren koleksi @pojokbacadandongengbankindonesia @kbtkpersatuanistrigurumalang. Buku-buku ini terbitan Bhuana Ilmu Populer Gramedia atau lebih dikenal dengan BIP Gramedia. Seri Ensiklopedia Negeriku. Buku ini ditulis oleh beberapa penulis cerita anak yang sudah senior. Sebut saja @diankristiani, @LiaH, @agnesbemoe serta beberapa penulis lainnya. Seri ini membahas tentang negeri Indonesia tercinta. Mulai dari senjata tradisional, rumah adat, alat musik tradisional, pakaian adat, permainan tradisional bahkan makanan tradisional Indonesia. Masing-masing tema dibahas khusus dalam 1 buku.

Isinya bagaimana? Cocok untuk anak saya apa tidak? Gambarnya bagus apa tidak? Materinya membosankan apa tidak sih? Mungkin salah satu pertanyaan tersebut muncul di pikiran bunda sekalian. Yuk….cari jawabannya.

Pembaca akan disajikan dengan materi awal sebelum materi inti. Misalnya pada buku yang berjudul “Ensiklopedia Negeriku, Alat Musik Tradisional”. Sebelum dijabarkan tentang macam-macam alat musik tradisional yang ada di Indonesia, pembaca akan disajikan tentang materi asal-usul alat musik. Diperkirakan musik ada di dunia ini sejak 100-180 tahun yang lalu. Awalnya manusia menggunakan alat musik sederhana dari benda-benda sekitar seperti tulang, tanduk mauun bambu. Alat musik yang pertama ada di dunia pun diceritakan dalam buku ini. Jenis alat musik trasionalpun disajikan dengan lengkap. Alat musik khas daerah Aceh sampai Papua ada di buku ini. Lengkap dengan gambar dan cara memainkannya. Ada beberapa nama alat musik yang baru kita dengar. Hal ini akan menambah wawasan anak-anak kita tercinta. Suling divje babe? Pikon? Cari tahu yuk di dalam buku “Ensiklopedia Negeriku, Alat Musik Tradisional”.

Buku yang berjudul “Ensiklopedia Negeriku, Rumah Adat”, dibagian awal pembaca akan disajikan tentang fungsi-fungsi rumah. Jenis-jeni rumah adat yang ada Di Indonesia akan menjadi materi selanjutnya. Banyak jenis, bentuk dan nama rumah adat yang disajikan di dalam buku ini. Ilustrasi yang menarik mata, akan menambah nikmatnya pembaca dalam membaca. Rumah Wawelangko. Bunda-bunda pernah mendengar rumah adat Indonesia yang satu ini? Bunda Ita baru tahu rumah adat yang satu ini setelah membaca buku “Ensiklopedia Negeriku, Rumah Adat” hehehhe… Selain ada gambar rumah adat tersebut, di dalam buku ini juga ada cerita tentang asal usul rumah adat tradisional ini. Serta letak wilayah rumah adat tersebut di peta. Rumah adat yang ada di Negara kita disajikan secara apik dan menarik dalam buku ini.

Bagaimana dengan judul buku lain dalam seri ini? Pasti tak kalah seru dan menariknya dibandingkan dnegan buku yang sudah Bunda Ita resensi diatas.

Sangatlah penting mengenalkan bangsa dan tanah airnya guna tumbuh kembang anak kita. Tak kenal maka tak sayang. Demikian pepatah mengatakan. Zaman globalisasi cenderung membanjiri anak-anak kita dengan berbagai macam pengetahuan. Kita sebagai bunda bijaklah yang memiliki tugas untuk lebih mengenalkan tentang asal-usul negara tercinta kita, Indonesia. Adanya buku-buku yang membahas tentang identitas negeri seperti Seri Ensiklopedia Negeriku terbitan BIP Gramedia ini bisa menjadi salah satu solusi untuk kita, Bunda-bunda Hebat.

Satu investasi kecil dengan membeli buku ini dapat menanamkan cinta tanah air untuk anak-anak penerus bangsa. So, tunggu apa lagi….

#bankindonesia #pbdbi #pojokbacadandongengbangindonesia #perpustakaanasyik #bipgramedia #Ensiklopedianegeriku #bhuanailmupopuler #bukukeren #diankristiani #LiaH #agnesbemoe

Penulis:

Hai..... Namaku Nur Ahita Widiastuti. Biasa di panggil Bunda Ita. Aku bunda dari 2 jagoan hebat dan mengajar di TA Pesan Ibu Jl. Telaga Wangi

Tinggalkan komentar